Mengenal IP Komputermu

Saya bekerja dengan menggunakan komputer baru pada saat diterima kerja di Balikpapan. Bahkan untuk saat ini di kantor menggunakan jaringan Wireleess LAN. Nah kalo komputer sudah terhubung dengan jaringan tersebut maka saya harus tahu (kata temen-temen di IT) alamat komputer kita (IP Address), karena itu yang membedakan komputer satu dengan yang lainnya supaya tidak tabrakan. Ya karena saya sangat awam, maka saya memakai bahasa yang biasa aja supaya saya sendiri gak bingung dengan istilah teknik.
Hal tersebut akan sangat membantu kita untuk mengetahui bila koneksi ke internet maupun email via POP3 (email yang diakses / diuka dengan Outlook , Outlook Express atau Mozilla Thunderbird,) pada saat bermasalah.

Pertama, kita tekan tombol Win (logo windows) + R, yang akan muncul sebuah dialog box "Run" seperti gambar dibawah ini. Setelah itu ketik "cmd" (tanpa tanda petik) dan tekan enter.

Kedua, akan terlihat window baru lagi (window "Run" yang tadi akan tertutup otomatis) seperti gambar di bawah ini.
Pada window baru yang muncul, ketik "ipconfig" (tanpa tanda petik) dan tekan enter. Maka akan muncul IP address Anda lengkap dengan subnet mask serta Default gateway.

Kalo sudah tahu, kita coba belajar nge-ping ke gateway. Coba cek dulu gateway Anda di IP berapa. Pada contoh yang ada saya ambil salah satu dengan IP 10.1.1.1
Kita coba ping ke situ. Ketik "ping 10.1.1.1" sekali lagi ketik tanpa tanda petik ya. Maka akan muncul seperti berikut.

Bila muncul, tulisan :
Reply from 10.1.1.1: bytes=32 time=1ms TTL=255 itu tandanya berhasil. hasil untuk time dan TTL akan bervariasi. itu menunjukkan lama waktu feed back dari IP tujuan yang kita ping.

Oke saat ini itu dulu yang saya tulis, untuk hal selanjutnya akan kita bahas lain waktu. Sebelumnya minta maaf bila banyak bahasa/istilah yang kurang sesuai karena saya secara pribadi hanya belajar sendiri dan tidak sekolah di bidang IT. Bila ada temans yang mau menambahkan ya monggo, supaya saya pun bisa belajar lebih.

Btw bagi yang ingin memperdalam mengenai IP addressing dan Subnet dapat belajar di sini.

Ayo belajar........
Share on Google Plus

About Never Give Up

0 comments: